IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Hasil Rukyatul Hilal, PUSIF IAIN Langsa : Hilal Tidak Dapat Diamati

Kota Langsa (Humas) - Pusat Studi Ilmu Falak (PUSIF) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Rabu (29/6/2022) menggelar rukyatul hilal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah yang bertempat di Tower Hutang Mangrove , Kota Langsa.

Rukyatul hilal ini pertama kalinya yang dilakukan di Kota Langsa. Disaat pengamatan sejauh ini, dapat disampaikan bahwa untuk wilayah Langsa ketinggian hilal 3 derajat, 53 menit.

"Hilal tidak dapat diamati di kota Langsa dikarenakan faktor ketebalan awan yang mengahalagi posisi hilall begitu juga hal nya disaat mendekati magrib pukul 18: 42 WIB tepat nya pukul 18:00 matahari sudah tidak bisa diamati,"ujar ketua PUSIF Fakultas Syari'ah IAIN Langsa Ihsan Kamilan.

Ihsan mengatakan, kegiatan Rukyatul hilal perdana di Kota Langsa pada kali ini memberikan dampak bagi masyarakat untuk ingin tahu mendalam mengenai dinamika perbedaan hari besar islam di Indonesia kuhususnya Langsa.

"Kegiatan rukyatul hilal perdana ini dapatlah digolongkan sukses berkat adanya dukungan dari Disbuppar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) dan CV Ayudhia sebagai penglola tempat,"imbuhnya.

"Semoga kedepannya rukyatul hilal terutama Ramadhan lebih semarak sehingga Kota Langsa turut hadir dalam penetapan hari besar Islam di Indonesia,"tambahnya lagi.