IAIN LANGSA

IAIN Langsa
IAIN Langsa - Perpunas RI Teken MoU

Banda Aceh (Humas) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA, Kamis (19/5/2022) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berlangsung di Gedung Balai Kota, Banda Aceh.

Selain itu, Rektor IAIN Langsa, penandatangan tersebut juga turut dihadiri oleh seluruh perguruan tinggi di Provinsi Aceh dan unsur pemerintahan daerah.

Rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan acara talkshow yang menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, praktisi hingga pegiat literasi. Diantaranya Komisi X DPR RI, Hj. Illiza Saaduddin Djamal, S.E, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU, Pegiat literasi, Yarmen Dinamika serta Kepala Perpusnas RI yang diwakili oleh Deputi Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum.

Pada kesempatan itu, kegiatan juga dikemas dengan peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan daerah Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang mengusung tema Transformasi perpustakaan untuk mewujudkan ekosistem digital nasional diharapkan dapat meningkatnya indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam sambutanya mengharapkan agar semua kita agar giat menulis dan membaca. Ia juga bekomitmen dirinya untuk memasyarakatkan literasi semakin kuat.

“Kita di daerah harus menyikapi literasi dengan serius, karena ini sangat penting guna mewujudkan masyarakat pintar dan berpengetahuan. Perpustakaan nasional memberikan perhatian khusus bagi pengembangan perpustakaan dan literasi di Aceh.” imbuhnya.