IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Hadiri Pembukaan PIONIR Ke IX

16 Juli 2019

Malang (Humas) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA menghadiri pembukaan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) Ke IX yang dilangsungkan di Kampus UIN Maliki Maulana Malik Ibrahim,Malang pada Senin (15/7/2019).
 
Selain Rektor, kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Agama ini turut dihadiri oleh ketua Dharma Wanita, Wakil Rektor III, Wakil Dekan III FEBI, para official, humas dan peserta.
 
Pantuan dilapangan, acara diawali dengan penampilan tarian saman Aceh, marching band, devile malam artis carnival, sambutan, arahan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.
 
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M. Ag mengatkan, perhelatan bergengsi ini diikuti oleh 3.292 atlit dari seluruh PTKIN seluruh indonesia.
 
Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kemenag RI yang telah mempercayaI pihaknya sebagi tuan rumah.
 
Dikatakannya, ada tiga misi utama yang menjadi stressing pelaksanaan PIONIR, misi pertama memperkuat kebersamaan dan silarutahim.
 
"Mahasiswa dari antar pulau, antar Provinsi dapat saling membaur dan merajut tali kebangsaan,"imbuhnya.
 
Yang kedua yaitu misi prestasi dan yang ketiga misi pencitraan dan branding PTKIN.
 
"Harus ada distingsi (perbedaan) atlit yang lahir dari rahim PTKIN dengan atlit umum lainnya,"sebutnya.
 
Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, PIONIR merupakan salah satu ajang untuk menggali potensi dan prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa.
 
Dengan adanya wadah pembinaan tersebut diharapkan akan lahir para mahasiswa yang memilki kompetensi dibidang olahraga, seni, karya tulis ilmiah dan riset.
 
Selain kegiatan PIONIR, kata Rektornya, pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan pertemuan forum Rektor/Ketua se Indonesia untuk membahas berbagai kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaran dan peningkatan mutu pendidikan PTKIN. Juga dilaksanakan pertemuan forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, ketua SEMA dan ketua DEMA. (Syahrial).